4 Pilihan Objek Wisata Alam Di Sumedang - SUMEDANG DAILY
Powered by Blogger.

02 October 2019

4 Pilihan Objek Wisata Alam Di Sumedang



SUMEDANG DAILY - Kabupaten Sumedang yang berada di Jawa Barat memiliki banyak wisata alam yang wajib dikunjungi. Tak heran karena sebagian besar wilayah kabupaten ini berada di pegunungan. Di sini juga terletak Gunung Tampomas yang letaknya berada di bagian utara kota. Wisatawan yang berkunjung ke kota ini bisa mencoba beberapa alternatif obyek wisata alam berikut.

1) Puncak Damar Baros


Foto: instagram.com/rantipr
Puncak Damar Baros dikenal juga dengan Puncak Damar Waduk Jatigede. Di tempat wisata yang satu ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan mempesona dari Waduk Jatigede. Para wisatawan dapat naik ke puncak yang sudah tersedia tempat untuk bersantai dan berfoto. Fasilitas tempat ini sudah cukup lengkap mulai dari tempat ibadah, warung, sampai kamar mandi umum. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 4000,- untuk tiket masuk. 
Lokasi via Google Maps: Rute ke lokasi wisata Puncak Damar

2) Mata Air Sirah Cipelang


Foto: instagram.com/silviapw__
Berlokasi di Kecamatan Conggeang, Desa Cipamekar, Mata Air Sirah Cipelang merupakan obyek wisata yang menyajikan suasana yang menyegarkan. Di sini terdapat kolam dari sumber mata air yang bisa digunakan untuk berenang. Para wisatawan dapat berenang bersama dengan ikan-ikan ataupun berfoto dengan latar belakang kolam air serta pepohonan. 

3) Situ Cilembang


Foto: instagram.com/rohayati.cicii
Situ Cilembang merupakan salah satu tempat wisata yang sempat hits di media sosial. Air di situ ini terlihat berwarna biru, namun sebenarnya itu adalah pantulan langit karena di sini benar-benar jernih. Pengunjung bisa menikmati pemandangan air yang jernih serta beberapa ikan dan kura-kura yang kadang muncul. Meskipun berlokasi di hutan alami, ada beberapa pedagang makanan dadakan yang berjualan di sana.

4) Agrowisata Kampung Nangorak


Kabupaten Sumedang memiliki wisata unggulan berupa Kawasan Agroteknobisnis yang berada di Bukit Nagorak. Para pengunjung disuguhkan obyek wisata yang tak hanya mengangkat keindahan alam namun juga mengandung unsur pendidikan dan teknologi. Ada beberapa perkebunan sayur dan buah serta tempat peternakan. Bagi wisatawan yang ingin menginap dapat berkemah di lokasi yang sudah disediakan. Ada juga rumah pohon yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Itulah 4 tempat wisata alam yang perlu dikunjungi saat berada di Sumedang. Selain itu, sebenarnya ada beberapa tempat wisata lainnya yang juga tak kalah menarik.

_____
Teks: Sumedang Daily