3 Destinasi Wisata Sejarah di Sumedang - SUMEDANG DAILY
Powered by Blogger.

02 October 2019

3 Destinasi Wisata Sejarah di Sumedang


SUMEDANG DAILY - Kabupaten Sumedang berada di daerah pegunungan sehingga tak heran memiliki banyak tempat wisata alam. Selain itu sebenarnya ada beberapa destinasi wisata lainnya yang patut dikunjungi saat berada di kota ini. Wisatawan tak perlu khawatir dengan biaya, karena di daerah Jawa Barat ini dikenal cukup ramah di kantong. Berikut ini beberapa tempat wisata di Sumedang yang menarik untuk dikunjungi.

1. Museum Prabu Geusan Ulun



Foto: instagram.com/fotosumedang

Museum Prabu Geusan Ulun menyimpan benda-benda bersejarah dari zaman Kerajaan Sumedang terdahulu. Beberapa benda kuno yang tersimpan di sini misalnya berbentuk mahkota, pedang, keris, dan naskah kuno. Letak museum ini tak jauh dari alun-alun kota sehingga sangat mudah untuk dijangkau oleh wisatawan. Bangunan museum ini cukup menarik karena dikelilingi dinding setinggi 2.5 meter. Di sini juga terdapat taman yang ditanami pohon langka. Di sekitar gedung museum terdapat beberapa bangunan bersejarah. 



2. Alun-Alun Sumedang



Foto: instagram.com/linayustiani

Alun-alun di kota ini memiliki keunikan karena terdapat monumen Lingga. Monumen ini didirikan untuk mengenang jasa Pangeran Aria Soeriaatmadja. Letak alun-alun ini sangat strategis karen dekat dengan Masjid Agung, Museum Prabu Geusan, dan bangunan-bangunan penting lainnya. Wisatawan yang datang ke area ini bisa langsung mengunjungi beberapa tempat sekaligus.



3. Menara Loji Jatinangor



Foto: instagram.com/yudhit_ajawaila

Menara Loji Jatinangor berupa menara lonceng yang dibangun sekitar tahun 1800an. Menara Loji ini dapat berfungsi untuk mengawasi penyadap karet. Fungsi lainnya yaitu sebagai penanda waktu, setiap pukul 5 maka lonceng akan berbunyi sebagai tanda pekerja memulai pekerjaan. Lonceng akan berbunyi lagi pada pukul 10 saat mangkuk sudah terisi karet, serta pukul 2 siang saat para pekerja pulang.


____
Teks: Sumedang Daily